Polres Siak Kembali Wujudkan Mimpi Warga Miskin Melalui Program Bedah Rumah Presisi

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi meletakan batu permata bantuan Rumah Layak Huni warga kurang mampu

SIAK (NU) - Polres Siak kembali melakukan program bedah rumah presisi, guna mewujudkan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

“Program bedah rumah yang digelar Polres Siak ini, bersumber dari zakat personil Polres siak yang dihimpun Baznas Kabupaten Siak,” ujar AKBP Asep Sujarwadi, Rabu (22/5/24) sesaat sebelum program bedah rumah berlangsung.

Untuk tahun ini, kata Asep, ini merupakan bedah rumah yang pertama di lakukan Polres Siak. Sementara untuk tahun lalu, Polres Siak melakukan bedah rumah warga sebanyak dua kali dalam kurun waktu 2023 lalu.

“Saudara kita yang beruntung untuk kali ini adalah Dedi (30) dan istrinya Rismanita (25),” sebut Asep yang disambut tepuk tangan oleh seluruh yang hadir dalam acara tersebut.

Kediaman Dedi dan istrinya Riamanita ini berada di Sungai tengah, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

Asep menceritakan, saudara kita Dedi ini kesehariannya bekerja sebagai buruh serabutan, sejak delapan tahun lalu pasutri ini tinggal disebuah rumah berukuran 4 kali 3 meter.

Kondisi rumah yang dihuni Dedi sangat memprihatinkan, dimana didalamnya hanya ada satu kamar yang disekat dengan kain gorden.

“Selain berukuran sangat kecil, kediaman saudara kita ini tidak memiliki kamar mandi, hanya ada dapur mini untuk memasak kebutuhan sehari-hari, disana pasutri itu tinggal bersama dua orang buah hati mereka,”  terang Kapolres.

Pasutri itu terlihat senang dan terharu, mata bapak dua anak itu terlihat berkaca-kaca saat Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi bersama sang istri melakukan peletakan batu pertama rumah layak huni (RLH) program Polres Siak itu.

Dalam acara tersebut, Kapolres Asep Sujarwadi datang bersama sang istri Ny Octo Asep, Kabag Ops Kompol Didi Antoni, para kasat, kapolsek, Camat Mempura  Harland, Lurah Sungai Mempura Megawati, Kasipem Afri Chandra.

Sebelumnya, AKBP Asep beberapa waktu lalu menerima penghargaan dari BAZNAS RI sebagai salah satu tokoh penggerak zakat personel yang dihimpun Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Polres Siak, menjadi satu- satunya dan pertama dijajaran Polda Riau .

"Sejumlah RLH sudah dibangun melalui zakat personel Polres Siak, ini tidak terlepas dari kerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Siak,” ujarnya.

Terobosan yang dilakukan AKBP Asep ini juga mendapat apresiasi dari pimpinan tertinggi Polri di Provinsi Riau Irjen Muhammad Iqbal, karena apa yang dilakukan Kapolres Siak ini satu-satu nya yang dilakukan Polres jajaran Polda Riau yang memiliki Unit Pengumpul Zakat ( UPZ ) dan dikelola dengan baik.

"Kami tetap menggandeng dan tak henti berkoordinasi dengan Baznas Siak. Karena Baznas yang memiliki data tentang warga yang berhak mendapatkan bantuan,” pungkas Asep menyudahi.

Ketua Baznas Siak H.Samparis bin Tatan, yang hadir dalam giat tersebut, mengaku kagum atas perhatian Polres Siak terhadap masyarakat melalui pengumpulan zakat oleh UPZ Polres Siak.

"Hal ini patut diapresiasi dan layak menjadi inspirasi.Selalu saja ada inovasi yang dilakukan Kapolres Asep untuk mensejahterakan  masyarakat,”ungkapnya

Risma istri dari saudara Dedi penerima bantuan rumah layak huni presisi Polres Siak ini, mengucapkan terima kasih tak terhingga atas perhatian Kapolres Siak dan jajaran, karena telah menyalurkan zakat anggotanya melalui Baznas Siak menjadi rumah layak huni.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada ibu saya yang telah menghibahkan tanahnya,  saya yakin pasti Allah akan membalas kebaikan Kapolres  Siak Asep dan jajaran serta Baznas Siak Samparis beserta pengurus,” pungkasnya. (Masgin) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama