7 Program Inovasi Kelurahan Kerinci Timur Antarkan Kecamatan Pangkalan Kerinci Meraih Kecamatan Terinovatif


Camat Pangkalan Kerinci Meraih Prestasi Peringkat 1 Sebagai Kecamatan Terinovatif di Kabupaten Pelalawan

PELALAWAN (NU) -Bersempena hari jadi Provinsi Riau yang ke- 66 Tahun, Kecamatan Pangkalan Kerinci meraih prestasi peringkat satu (1) sebagai Kecamatan Terinovatif di Kabupaten Pelalawan melalui tujuh (7) Program Inovasi dan Teknologi dari Kelurahan Kerinci Timur.

Bupati Pelalawan H. Zukri menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba inovasi dan teknologi yang di adakan oleh Balitbang Kabupaten Pelalawan tahun 2023.Jangan cepat berpuas diri atas torehan yang telah di ukir, teruslah untuk berbuat dan bekerja untuk kepentingan masyarakat banyak. Tentu program inovasi yang di ciptakan sangat membantu pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam mewujudkan program Pelalawan Maju. Rabu, 9/8/2023 di Halaman kantor Bupati Pelalawan.

Tujuh (7) Program Inovasi Kelurahan Kerinci Timur Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Pelalawan Maju yang menghantarkan Kecamatan Pangkalan Kerinci menjadi Kecamatan Terinovasi di Kabupaten Pelalawan adalah sebagai berikut. 

Lurah Kerinci Timur Ridho Alfada S. STP. M. Si menyampaikan terobosan yang dilakukan di Kelurahan Kerinci Timur yaitu menciptakan pelayanan Kelurahan dengan moto "KITA"(Kolaboratif, Inovatif, Tertib dan Aman) . Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat banyak, Lurah Kerinci Timur juga menciptakan program pelayanan yang diberi nama " KETI PERI" , (Kerinci Timur Pelayanan Prima). Jelas Ridho

Adapun tujuh (7) program inovasi tersebut dapat di jabarkan antara lain;

LURING yaitu Lurah Keliling, kegiatan ini dilakukan oleh lurah dan perangkat Kelurahan dalam menjemput aspir masyarakat. Dalam kegiatan Luring ini juga diberi nama "Dilan Ngopi "yaitu Diagnosa Permasalahan dan Ngobrol Perkara Inovasi). Kegiatan Luring ini bersama-sama dengan RT-RW, Kaling, LPM, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat yang mau mengikutinya. 

SILAJANG adalah inovasi yang kedua yang artinya Sistem Layanan Antar Jemput Senang, maksudnya yaitu pelayanan Silajang ini di khususkan untuk warga tidak mampu, seperti Lansia, Janda tua, anak yatim,warga tidak mampu (ekonomi lemah), warga seperti ini wajib mendapatkan pelayanan dan perhatian melalui program Silajang. 

WEBSITE pelayanan Kelurahan Kerinci Timur, ini adalah sebuah inovasi pelayanan  untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan pengurusan administrasi dengan menggandeng Mahasiswa dari IPB ilmu Komputer. Masyarakat bisa secara langsung mengakses website Kelurahan melalui android untuk mendapatkan informasi, pelayanan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat yang akan selalu di update setiap saat. 

MERIAH, pelayanan ini dinamakan juga dengan melayani dari rumah. Pelayanan ini masih tentang pelayanan surat menyurat, yaitu dengan melayani dari rumah. Komitmen ini di terapkan kepada seluruh pegawai Kelurahan Kerinci Timur untuk siap melayani masyarakat yang mengikuti pelayanan diluar jam kerja. 

BER2 ANTING ini merupakan program yang sedang di galakan oleh pemerintah Kabupaten Pelalawan dibidang Kesehatan yaitu menekankan angka stunting.Kelurahan Kerinci Timur  membuat program lanjutan yang dinamai BER2 ANTING (Bersama Bergerak Antisipasi Stunting), dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas melakukan pemantauan kesehatan anak, orangtua maupun orang dewasa lainnya.

SANG PEMIMPI ini adalah Persiapan Milenial Masuk Perguruan Tinggi, program inovasi Kelurahan Kerinci Timur dibidang Pendidikan ini untuk masyarakat yang menginginkan anaknya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun tidak memiliki kemampuan dalam hal ekonomi.Melalui program inovasi Sang Pemimpi ini, pihaknya  memberikan jembatan untuk mendapatkan beasiswa dan lulus di perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Program inovasi terakhir adalah Grebek Tangkap Tindak (GTT). Dalam menjaga kebersihan lingkungan Kelurahan Kerinci Timur, supaya tidak ada lagi kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah sembarangan. Supaya tercipta lingkungan yang bersih, nyaman dan aman. Harap Ridho

Terlepas dari program maupun inovasi yang dilakukan Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur tersebut, Ridho mengatakan tidak akan terlaksana dengan maksimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat Kecamatan Pangkalan Kerinci,RT/RW, Pemerintah Daerah ,Camat maupun pihak swasta.

“Untuk program yang sudah berjalan ini, kami tetap meminta dukungan penuh dari segala pihak, semoga saja inovasi ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Pangkalan Kerinci Timur,” pungkasnya.

Lurah Kerinci Timur kembali dinobatkan sebagai ASN Inovatif (Inovator) tahun 2023,setelah pada tahun 2022 juga meraih  ASN penghargaan Inovatif. (HR)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama