KKN UIN SUSKA Riau Bersama Masyarakat Lakukan Goro di Kebun Toga Kampung Temusai

KKN Mahasiswa UIN SUSKA Bersama Masyarakat Temusai Melakukan Gotong-royong di Kebun Toga Kampung Temusai (Masgin)

SIAK (HR)- Dalam rangka untuk membantu masyarakat dan menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN),  Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau melakukan berbagai kegiatan di Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau.

" Kita mulai melakukan kegiatan di kampung ini pada tanggal (03/07/2023), yang pertama kita bergabung menjadi panitia Turnamen Bola Voly Temusai Cup I 2023, dan  hari ini kita dari KKN UIN SUSKA Riau melaksanakan kegiatan gotong- royong bersama aparat Kampung Temusai beserta masyarakat untuk menanam dan membersihkan kebun Toga milik desa. Hal ini kita lakukan untuk membantu dan menjalankan program KKN di Kampung Temusai," ungkap Ketua Koordinator Desa, Tanzih Bani kepada Nusantara80.com, Rabu (05/07/2023).

 Lebih lanjut Tanzih menjelaskan bahwa, KKN dari  UIN SUSKA yang ditugaskan di Kampung Temusai ada 14 orang, yakni 5 orang putra, dan  9 orang putri, mereka semua berbeda jurusan.

"Rencananya kami disini selama  60 hari kerja atau sekitar 2 bulan. Tema universitas  adalah  Kearifan Lokal, jadi kami disini akan mengembangkan  bakat anak-anak muda Kampung Temusai serta akan melestarikan kebudayaan yang ada dikampung ini. Intinya, program kerjakan kami  menyesuaikan situasi dan kondisi masyarakat Kampung Temusai sesuai dengan kemampuan dan ilmu yang kami miliki," ungkap pria yang berdomisili di Kelurahan Kampung Rempak itu.


Sementara itu, Penghulu Kampung Temusai Samsudin memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN dari UIN SUSKA Riau yang antusias dalam membantu masyarakat atau pemerintah Kampung Temusai dalam segala hal.

" Kebetulan kami lagi punya hajat acara Turnamen bola voly Temusai Cup 2023 dan juga lomba Toga mewakili Kecamatan di bulan ini, dan Alhamdulillah adik-adik  KKN UIN SUSKA membantu menjadi panitia Turnamen Temusai Cup 2023 dan juga ikut membantu gotong-royong membersihkan dan mempercantik kebun Toga milik Kampung Temusai, tepatnya di depan kantor Kampung Temusai," ujar pria jangkung, mantan  pelatih bola voly itu.

 Lebih lanjut Samsudin mengungkapkan, satu Minggu atau  dua bulan yang akan datang, Kampung Temusai lagi banyak sekali  kegiatan, selain kegiatan Turnamen Bola voly dan Toga, juga ada kegiatan wirid Akbar di Masjid At-Tanwir di Dusun 1 Temutun dan juga kegiatan pertandingan serta  hiburan rakyat di bulan Agustus mendatang.

" Untuk itu, kami berharap kerjasamanya adik adik KKN untuk membantu seoptimal mungkin dalam mensukseskan  pelaksanaan berbagai kegiatan di kampung ini,  sesuai dengan kemampuan dan  jurusannya yang mereka miliki,"harapnya.

"Semoga ilmu yang adik-adik KKN miliki  bisa diterapkan di kampung ini dan dapat bermanfaat buat masyarakat atau pemerintah kampung. Di dua  bulan kedepan,  Kampung Temusai banyak sekali kegiatan, baik kegiatan olahraga, kebudayaan,  pendidikan, keagamaan, serta kegiatan lainnya, untuk itu mohon bantuannya kepada seluruh adik-adik KKN yang nantinya akan ditugaskan di kampung ini," imbuhnya.

Ketika ditanya, berapa Universitas yang akan menugaskan mahasiswanya untuk KKN di Kampung Temusai pada tahun ini? ia menjawab, ada tiga universitas dan ada sekitar 40 orang mahasiswa.

" Insyaallah Kampung Temusai tahun ini akan kedatangan tamu KKN dari tiga universitas, yang pertama dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, kedua dari UNRI tau UR, dan yang ketiga dari Universitas Muhamadiyah Pekanbaru. Jumlah keseluruhan sekitar 40 orang mahasiswa yang akan melakukan kegiatan KKN dikampung ini," pungkasnya (Sugianto)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama