Meriahkan HUT RI Ke-78 Tahun, Kampung Temusai Taja Lomba Kebersihan Lingkungan Antar RW

Tim Penilai lomba kebersihan antar RW di Dusun Teluk Musahab melakukan penilaian  

SIAK (NU)- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang Ke- 78 Tahun, Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau, Senin ( 14/08/2023) mengadakan lomba kebersihan lingkungan antar Rukun Warga (RW).

"Untuk memelihara dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan di lingkungan desa atau kampung,  serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun, Kampung Temusai menggelar lomba kebersihan Rukun Warga (RW),"ungkap Penghulu Kampung Temusai, Samsudin kepada Nusantara80.com, Senin (14/08/2023).

 Lebih lanjut Samsudin menjelaskan bahwa, Tim Penilai kebersihan lingkungan ini dari Kecamatan, Bapekam dan Bidan Desa atau Kampung. Penilaian dilaksanakan dengan meninjau langsung lingkungan masing-masing RW peserta lomba, yang berjumlahnya sebanyak 7 RW.

Tim penilai melakukan penilaian di Dusun Tuasai


"Lomba kebersihan lingkungan dilaksanakan selama 1 hari, yaitu pada 14 Agustus 2023 dengan kriteria penilaian mengacu kepada kriteria penilaian  kebersihan, bank sampah, ruang terbuka hijau, drainase, kotak sampah, pemilahan dan pengolahan sampah dan lain-lain 

“Bagi RW yang mendapat nilai terbaik dari total nilai objek penilaian, panitia akan memberikan hadiah berupa barang  Mesin Potong Rumput, dan lain-lain," ungkapnya.

Tim penilaian lomba kebersihan lingkungan antar RW melakukan penilaian di Dusun Temutun

 Penghulu Temusai juga menuturkan, agar kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya dan diharapkan pihak desa serta RT maupun RW juga dapat menghidupkan kembali gerakan gotong royong kebersihan lingkungan setiap minggu atau bulan.

"  Kami juga menghimbau agar masyarakat dapat mengelola sampah secara ramah lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran sampah, serta tidak melakukan pembakaran pada lahan dan pekarangan untuk menghindari terjadinya pencemaran udara.   

Lomba Kebersihan merupakan salah satu upaya menciptakan dan meningkatkan kebersihan guna mewujudkan lingkungan yang rapi, indah dan sehat," harapnya.

"Kami ucapkan  terimakasih kepada semua aparatur Kampung yang turut terlibat dalam pelaksanaan ini dan seluruh masyarakat dari tingkat RT dan RW yang ikut meramaikan acara di dusunnya masing2. Tak lupa juga kami ucapkan kepada KUKERTA UNRI,UMRI dan UIN SUSKA Riau yang ikut berpartisipasi mensukseskan acara ini," pungkasnya. ( Masgin)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama