Persiapan Ikuti Kejurnas , IKS PI Kera Sakti Cabang Siak Taja Kejuaraan IKS CUP Ke-II

Atlit Kejuaraan IKS PI Kera Sakti Cup II Sedang berlaga di Matra Gelanggang

SIAK (NU) - Perguruan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia "Kera Sakti" (IKS PI Kera Sakti) Cabang Siak Taja Kejuaraan Pencak Silat IKS CUP II Se- Kabupaten Siak, yang dilaksanakan di Gedung Serba guna Kecamatan Bungaraya,  Minggu (14/05/2023) 

Kejuaraan IKS CUP yang ke-II kali ini bermottokan" Junjung tinggi Sportifitas, Bersatu, Berjuang Menuju Kejayaan dan Berprestasi".

Ketua Panitia pelaksana kejuaraan  Sugianto kepada awak media  mengatakan bahwa, Kejuaraan ini dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai dari tanggal 13 s/d 14 Mei 2023. Yang diikuti oleh perwakilan dari setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

 "Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Bungaraya yang telah mendukung kegiatan ini. Sebenarnya Pada Sabtu malam tanggal 13 Mei 2023 telah dimulai pelaksanaannya, dan alhamdulillah antusias para pendekar warga IKS PI Kera Sakti yang mendaftar untuk mengikuti kejuaraan ini sangat luar biasa, sekitar 80 atlit perwakilan 10 Kecamatan dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak ikut berpartisipasi mensukseskan acara ini," ungkapnya.

Pria yang murah senyum itu juga menjelaskan, ada beberapa kategori yang dipertandingkan pada Kejuaraan IKS CUP ke-II pada tahun 2023 kali ini, yaitu Kategori Laga Tanding, Seni Tunggal ,Seni Ganda dan Beregu. Ini sesuai kategori yang akan di pertandingkan pada tingkat kejuaraan Nasional IKS PI Kera Sakti Pusat Madiun pada bulan Juni 2023 mendatang.

 " Pada tahun 2017 lalu sebelum masa pandemi Covid-19, utusan IKS PI Kera Sakti Cabang Siak pernah mengikuti Kejurnas IKS PI Kera Sakti  Se-Indonesia  di Madiun Jawa Timur, dengan prestasi yang membanggakan, dari 6 atlit yang dikirim  mendapatkan 1 medali emas, 2 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu," ungkap  Ketua Satgas Pengda Riau yang juga sebagai warga Senior IKS PI Kera Sakti Kabupaten Siak.

Kejuaraan IKS CUP II Se-Kabupaten Siak secara resmi dibuka oleh Camat Bungaraya Warsito, SP, dan dalam sambutanya mengatakan, selaku Pemerintah Kecamatan Bungaraya sangat mendukung sekali dengan di selenggarakannya Kejuaraan IKS PI Kera Sakti CUP ke - II se- Kabupaten Siak di Kecamatan Bungaraya sebagai tuan rumahnya. 

"Kami Pemerintah Kecamatan Bungaraya sangat mendukung dengan kegiatan seperti ini, mudah-mudahan IKS PI Kera Sakti Cabang Siak mendapatkan atlit-atlit terbaik untuk mewakili Kabupaten Siak  khususnya atlit yang berasal dari Kecamatan Bungaraya berlaga di tingkat propinsi maupun nasional. Teruslah berlatih untuk menjadi atlit terbaik yang bisa membanggakan Kabupaten Siak pada ivent-ivent yang lebih tinggi," harapnya.

Selain itu tampak hadir juga pada acara pembukaan Kejuaraan IKS CUP ke-II tersebut Ketua Pengda Riau IKS PI Kera Sakti Islahuddin Latif dan tokoh masyarakat Siak Sujarwo yang juga warga IKS PI Kera Sakti.

Sementara itu Ketua IKS PI Kera Sakti Cabang Siak Nurhadi  mengatakan bahwa Kejuaraan IKS CUP yang ke-II ini Sebagai ajang silaturahmi dan untuk melestarikan budaya bangsa, selain itu juga tentunya untuk melatih mental warga IKS yang tangguh, pendekar yang punya semangat juang dan untuk menciptakan kader-kader bangsa berbudi pekerti yang luhur sesuai tujuan dari pada Guru Besar IKS PI Kera Sakti dalam mendirikan Perguruan ini.

"Tetaplah berjuang raihlah prestasi dengan segala keterbatasan yang ada, kita harus tetap semangat untuk mencapai kesuksesan membesarkan Perguruan yang kita cintai ini,"ungkapnya.

Nurhadi juga mengatakan bahwa Kejuaraan yang dilaksanakan ini merupakan ajang prestasi dan agenda tahunan Perguruan IKS PI Kera Sakti Se Indonesia untuk menjaring atlit - atlit IKS yang terbaik, nantinya akan berlanjut bertanding di tingkat Nasional tepatnya di Madiun Jawa Timur.

" Agenda kejuaraan ini juga bertujuan untuk menjaring atlit- atlit terbaik IKS PI Kera Sakti, nantinya bagi yang terbaik akan berlanjut penyeleksiannya pada tingkat Daerah Provinsi Riau, kemudian bagi yang terpilih akan berhak mengikuti Kejuaraan IKSPI Kera Sakti CUP ke- IV di Tingkat Nasional pada bulan Juni mendatang, tepatnya di Padepokan IKS PI Kera Sakti Pusat Madiun Jawa Timur,"tutur Nurhadi.

Kemudian disela acara penutupan berlangsung Ketua Pengda Riau IKS PI Kera Sakti Islahuddin Latief kepada awak media ini mengatakan," jadi sebenarnya penyeleksian yang dilakukan oleh Pengurus-pengurus Cabang IKS PI Se Riau sangat ketat sekali, untuk menuju Kejuaraan di Tingkat Nasional bulan Juni mendatang, sebelum Kejurnas nanti sekitar akhir bulan ini juga, kita akan lakukan penyeleksian pada tingkat Provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Pelalawan


"Alhamdulillah lanjut Islahuddin" kegiatan IKS CUP ke-II di Cabang Siak ini berlangsung dengan sukses dan semua para peserta dari setiap kecamatan selalu berada dalam lindungan Allah SWT, dan apa yang dicita-citakan tercapai untuk menuju prestasi terbaik pada olahraga Pencak Silat," pungkasnya. (Hadi)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama